Minggu, 04 April 2010

Sakit telinga

Telinga merupakan salah satu panca indera kita yang sangat penting. Maka dari pada itu kita untuk menjaga kesempurnaan panca indera ini kita harus benar-benar menjaganya. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk merawat telinga kita. Karena apabila kita tidak merawatnya bisa-bisa telinga kita akan sakit. Rasa sakit yang disebabkan oleh telinga pastilah sangat mengganggu. Rasa sakit di telinga pun bermacam - macam sebanya.

  • Arthiritis di rahang
  • Infeksi telinga bagian tengah ataupun luar
  • Perubahan tekanan yang merusak telinga
  • Telinga tersumbat benda atau tertimbun kotoran telinga yang bermakna
  • Gendang telinga rusak
  • Infeksi sinus, Infeksi gigi atau radang tenggorokan
  • Temporomandibular joint syndrome (TMJ)

Dari pada kita terkena penyakit telinga yang membuat terganggu, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Banyak hal yang harus kita lakukan untuk menjaga telinga agar pendengaran ini tetap terjaga dengan baik. Telinga itu terdiri dari telinga bagian luar, tengah dan dalam. Maka perawatannya harus sangat hati-hati dan jangan di anggap mudah. Sebab jikalau anda menggunakan benda-benda yang tepat, maka resikonya cukup berbahaya bagi telinga anda sendiri.

Cara merawat telinga
Inilah poin-poin yang menurut Noerbaiti penting untuk diperhatikan dalam menjaga kesehatan telinga.
1. Jangan mengorek-ngorek telinga. Baik dengan cotton buds maupun benda lain.
2. Biasakan anak mengunyah makanan dengan benar karena mengunyah adalah mekanisme alamiah tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga.
3. Pada bayi, mekanisme ini pun telah dilakukan, yaitu ketika bayi mengisap puting susu atau dot.
4. Bila telinga terasa berkurang pendengarannya, segera ke dokter THT untuk dibersihkan.
5. Telinga mempunyai mekanisme sendiri untuk menghambat dan mengeluarkan benda asing yang masuk. Bila hal ini tidak terjadi, berarti ada sesuatu yang salah dengan telinga. Segera konsultasikan ke dokter THT untuk dicari penyebabnya.
6. Jauhkan cotton buds dari jangkauan anak-anak. Mereka belum tahu bahayanya. Selain kapas bisa tertinggal di dalam telinga, bila tidak hati-hatimenggunakannya, bukan tak mungkin menusuk dan merobek selaput gendang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar