Senin, 05 April 2010

12 SIMPTON TAK TERDUGA PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung termasuk penyakit yang menyebabkan paling banyak kematian pria dan wanita di maerika, melebihi jumlah kematian akibat penyakit kanker. Salah satu penyebab penyakit jantung menewaskan banyak korban adalah banyak orang yang terlambat minta pertolongan ketika muncul symptom,
Seseorang yang mendadak merasa sakit dada mungkin tahu, harus segera menelepon ambulance untuk ke gawat daryrat rumah sakit. Tapi symptom penyakit jantung tidak selalu seintes atau yang satu dengan yang lainnya, juga tergantung jenis kelamin. Artinya symptom perempuan beda dengan pria.
Karena sulit mengenali symptom jantung, para dokter mengingatkan agar tidak mengabaikan kemungkinan-kemungkinan tanda peringatan, tunggu untyk lihat apakah simptonya berhentu atau menyalahkan kondisi lain seperti heartburn (rasa panas di perut atau di dada akibat gangguan pencernaan), sakit otot atau kondisi-kondisi noncardiac yang kurang serius. Terutama jika terjadi pada pria dan orang-orang yang berumur diatas 65 tahun, juga untuk orang-orang dengan faktor cardiac lainnya seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, obesitas, merokok, diabetes, atau riwayat keluarga penyakit jantung.
Semakin banyak faktor resiko, semakin besar kemungkinan suatu simpton berarti ada sesuatu dengan jantung anda, kataq David Frid, MD., ahli kardiologi Cleveland clinic. Menuruntnya, orang-orang sering tak ingin mengakui mereka cukup tua atau cukup sakit untuk bermasalah dengan jantung. Menunda pengobatan untuk masalah medic lainnya mungkin terlalu buruk, tapi untuk masalah jantung serius, penundaan bisa menyebabkan kematian mendadak. Lebih baik ke rumah sakit dan diperiksa ketimbang meninggal katanya.
Berikut 12 simpton yang yang tidak boleh diabaikan yaitu :
1. Ansietas-rasa cemas tanpa sebab
Serangan jantung dapat menyebabkan rasa yang sangat cemas atau sangat takut meninggal. Orang-orang yang selamat dari serangan jantung mengatakan perasaan sangat takut meninggal.
2. Sakit dada
Rasa sakit pada dad termasuk simpton klasik serangan jantung dan simpton nomor satu yang secara khusu kita perhatikan, kata pelopor riset symptom jantung pada perempuan, Jean C. MCSweeney, PhD..associate dean for research dari University of Arkansas for Medical Sciences College of Nursing di Litte Rock.Tapi tidak semua serangan jantung menyebabkan sakit dada, mungkin dan sakit dad dapat berasal dari penyakit lain yang tak ada hubungannya dengan jantung.

Sakit dada yang terkait dengan jantung sering berpusat pada bawah tulang dada, mungkin agak ke kiri dari bagian tengah. Rasa sakit ini diibaratkan seperti gajah duduk di dada, tapi juga bias berupa rasa tertekan, rasa penuh, atau seperti diperas yang tidak nyaman. Perempuan juga jauh lebih sering disbanding pria.
3. Batuk
Batuk dan bunyi mendesah yang terus menerus kemungkinan simpton gagal jantung. Akibat timbunan cariran yang di paru. Dalam beberapa kasus, orang-orang dengan gagal jantung, batuk menegluarkan dahak berdarah.
4. Pusing
Serangan jantung dapat menyebabkan pusing dan kehilangan kesadaran. Begitu juga abnormalitas ritme jantung yang kemungkinan berbahaya, dikenal sebagai arrhythmia.
5. Sangat Lelah
Terutama di kalangan perempuan rasa sangat lelah tidak biasa dapat terjadi selama serangan jantung. Juga biasa terjadi beberapa hari dan beberapa minggu sebelum serangan jantung. Merasa lelah sepanjang waktu juga symptom gagal jantung. Memang bisa saja lelah karena alasan lainnya tetapai kita harus bisa membedakan.
6. Mual atau tak nafsu makan
Sebagian orangmerasa sakit perut atau muntah selama serangan jantung. Perut bengkak terkait denga gagal jantung dapat mengganggu nafsu makan.
7. Sakit pada bagian tubuh lainnya
Pada banyak serangan jrasa sakit dimulai didada dan menyebar ke bahu, lengan, siku, punggungm leher, rahang, atau perut. Tapi kadang tak ada sakit dada, hanya bagian tubuh ini dan hilang kemudian muncul lagi.
8. Denyut nadi cepat atau tidak beraturan
Jika denyut nadi cepat atau tidak beraturan terutama jika disertai dengan rasa lemas, pusing, atau napas tersengal-sengal, dapat menunjukan serangan jantung.
9. Berkeringat
Keringat dingin adalah salah satu simpton umum serangan jantung.
10. Bengkak
Gagal jantung dapat menyebabkan cairan menimbun di dalam badan. Hal ini bias menyebabkan bengkak, kaki, tungkai, perut, lengan. Berat badan terkadang naik dan turun.
11. Lemas
Pada hari menjelang serangan jantung,sbagian orang merasakan lemas yang tak bias dijelaskan penyebabnya.

Sumber : Aura Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar