Senin, 05 April 2010

ANTIBIOTIK DALAM DOSIS TAK TEPAT MENCIPTAKAN KUMAN KEBAL OBAT

Mengatasi bakteri dengan kadar antibiotic yang tidak memadai menghasilakn kuman yang terhadap sejumlah banyak antibiotic.
Pemberian antibiotic dalam dosis yang mematikan memicu reaksi rantai fatal di dalam bakteri yang menghancurkan DNA sel. Tapi jika dosis kurang mematikan, reaksi yang sama menyebabkan mutai DNA yang bukan hanya membuat bakteri bertahan, tapi juga antibiotic diluar antibiotic yang diberikan, ungkap para periset dari Boston University.

Jika diberikan dalam dosis yang mematikan, antibiotic menstimulir produksi molekul-molekul spesies oksigen reaktif atau radika-radikal bebas yang merusak DNA, protein, lipid di dalam sel-sel bakteri.

Para periset juga menunjukan radikal-radikal bebas yang dihasilkan dosis antibiotic yang tidak memastikan mempercepat mutasi yang melindungi bakteri dari jenis-jenis antibiotic lain yang diberikan.

Temuan ini menunjukan perlunya aturan yang lebih ketat dalam penggunaan antibiotic terutama dalam pertanian. Para dokter harus lebih disiplin dalam memeberikan resep antibiotic, dan para pasien harus lebih displin dalam mengikuti aturan minum obat yang diresepkan dokter.

Sumber : Aura Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar