Sabtu, 24 April 2010

MENJALANI HIDUP TANPA PENYESALAN

Semua orang rnah membuat pilihan-pilihan buruk atau melakkan kesalahan di masa lalu yang dapat menimbukan penyesalan. Jika ada yag anda sesalai, coba pikirkan hal ini. Bisa melihat ke belakang dan menyadari kesalahan atau kekeliruan anda berarti anda mendapatkan pelajaran yang berharga.
Beberapa pilihan anda mungkin menempatkan anda pada situasi yang tidak menyenangkan, tapi mengalami hal-hal ini benar membangun watak anda saat ini. Anda tak akan berada ditempat saat ini jika tidak mengalami situasi yang membangun watak. Kesalahan – kesalahan adalah batu loncatan ke dalam hidup yang terus berkembang. Jadi, tak perlu tenggelam dalam penyesalan atau rasa bersalah. Caranya sebagai berikut.
1. Mengakui Kesalahan
Menyalahkan atau menuding orang atau situasi lain sebagi penyebab kesulitan yang Anda alami itu mudah. Tapi, mengakui bahwa tindakan anda menghadapi realita saat ini merupakan langkah pertama untuk melepaskan penyesalan dan bergerak maju ke masa depan yang lebih cerah.
2. Minta Maaf
Jika tindakan-tindakan atau kata anda di masa lalu menyakiti orang lain, usahakan untuk minta maaf. Minta maaf itu bisa tricky. Coba nilai sendiri apakah permintaan maaf bisa membantu memperbaiki masalah. Jika hanya mengukit luka lama, lebih baik tinggalkan. Yang pasti adalah memaafkan dii sendiri. Tak ada orang yang sempurna. Kita semua melakukan kesalahan-kesalahan. Terus-menerus menghukum diri sendiri untuk kesalahan-kesalahan masa lalu bisa melumpuhkan. Apakah anda menedang kucing ang sedang berbaring? Pasti tidak. Jadi jangan lakukan pada diri sendiri. Jika nada sangat menyesal dengan tindakan Anda di masa lalu yang tak bisa diperbaiki, maafkan diri sendiri dan lepaskan.
3. Lakukan Lagi
Kaang, penyesalan muncul bukan karena tindakan-tndakan kita di masa lalu, tapi ena kita tidak bertindak. Anda mngkin pernah menyesal karenan tidak berlibur ke suatu tempat, atau menyesal bertahan karena tidak kuliah, dan yang lainnya. Kemungkiman sudah trlalu terlambat untuk membalikkankeputusan-keputusan ini, tapi anda masih punya opsi. Perguruan Tinggi tertentu memerikan kesempatan kepada orang-ora yang sudah berumur untuk kuliah lagi. Anda mungkin tak punya uang, waktu,atau ketahanan fisik untu berpergian, tapi bisa sewa film. Disekitar anda punya banyak peluangpeluang baru. Kuncinya adalah buka hati anda dan kejar impian-impian anda.
4. Bersyukur
Pelajaran paling berharga dalam hidup sering berasal dari kesalahan-kesalahan yang kita buat. Terima kelemahan-kelemahan anda, bersyukur karena nada telah melewati episode terburuk dan akhirnya menemukan jalan yang lebih lapang.
Jangan Mengulangi Kesalahan yang Sama
Jika anda terus-menerus mengalami kesulitan yang sama, bisa dipastikan anda tidak belajar hal-hal yang coba di ajarkan situasi ini. Peluang hanya muncul jika anda bertanggung jawab atas perbuatan salah anda dan mengubah perilaku dan masa depan Anda sesuai pelajaran itu.
5. Jaga reaksi
Langkah ini termasuk yang paling sulit, tidak bereaksi secara negatif pada situasi atau orang yang cendurung membuat anda marah. Kita tidak selalu isa mengendalikan hal-hal yang dilemparkan hidup di depan kita. Tapi kita bisa mengendalikan reaksi kita. Tetap tenang, dan lakukan manajemen stess. Meditasi bisa membantu menjernihkan dan memfokus kan pikiran.
6. Lihat lebih ke dalam
Evaluasi ulang jalan hidup yang anda ambil. Apakah anda menerima bahwa kesalahan-kesalahan masa lalu sudah lewat? Fokus pada hari ini, sadari tujuan-tujuan jelas dan hasrat masa depan. Menetapkan tujuan-tujuan jelas dapat membantu membuka jalan sehingga perjalanan hidup anda bisa membebaskan hati dan meningkatkan kebahagian. Percayalah bahwa terbaik itu akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar