Minggu, 14 Maret 2010

Tips Penggunaan Gas LPG yang Benar

LPG (Liqufied Petroleum Gas) adalah gas bumi yang komponen utamanya merupakan campuran gas Butana ( C4H10) dan gas Propana yang disimpan dalam fase cair dalam tabung, dan digunakan sebagai bahan bakar pada kompor serta peralatan LPG.
Maka penggunaanya harus sangat extra hati-hati agar anda sebagai pengguna kompor gas merasa nyaman, dan tenang dalam memakainya.
• PERSIAPAN UNTUK DIGUNAKAN
1. Siapkan tabung yang berisi gas, selang khusus untuk gas dengan panajng minimum 1,8 meter, 2 buah klem dan kompor gas.
2. Ruangan tempat meletakkan kompor dan tabung gas harus mempunyai sirkulasi udara yang baik serta disarankan juga untuk membuat ventilasi udara dibagian bawah dekat lantai ruangan tersebut.
3. Letakkan kompor gas pada tempat yang datar yang terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar dan mempunyai luas yang cukup untuk menampung kompor tersebut , serta jauh dari bahan yang mudah terbakar. Disarankan bagian bawah kompor diberi alas dari bahan yang mudah terbakar.
4. Atur posisi knop/tombol kompor gas keadaan mati (OFF)
5. Letakkan tabung gas pada posisi berdiri sejauh mungkin dari kompornya atau sumber api lainnya. Apabila memungkinkan letakkan tabung gas diruang terbuka, namun terhindar dari panas matahari.
6. Lepaskan segel plastic dari katup tabung.
7. Hubungkan kedua ujung selang pada kompor dan regulator serta eratkan klem selang pada bagian kedua ujung selangnya.
8. Pasang regulator pada katup tabung, posisi knop regulator mengarah kebawah dan lalu putar knop regulator searah jarumm sebesar 90 derajat mendatar. Yankinkan regulator sudah tidak dapat lepas /dicabut dari katup tabung.
9. Atur letakknya selang agar tidak tertindih oleh benda/ barang apapun, serta terhindar dari nyala api atau sumber panas.
10. Putar knop regulator sekali lagi searah jarum jam sebesar 90 derajat sehingga posisi knop regulator mengarah keatas. Pada posisi ini, gas telah mengalir dari tabung sampai kompor.
11. Periksa kemungkinan adanya kebocoran gas mulai dari tabung gas sampai kompornya. Apabila terjadi kebocoran gas akan tercium bau menyengat. Perbaiki dahulu hingga tidak ada kebocoran gas. Kini kompor siap untuk digunakan.

• MENGGUNAKAN KOMPOR GAS DENGAN BAIK
1. Putar knop kompor yang berlawan arah jarum jam untuk menyalakan pemantik api.
2. Atur putaran knop kompor untuk mengatur besar kecilnya nyala api gas sesuai kebutuhan.
3. Atur besarnya aliran udara ke kompor untuk memperoleh nyala api yang biru warnanya.
4. Hindarkan tertumpahnya bahan yang dimasak ke dalam kompor.
5. Untuk mematikan api, putar knop kompor searah jarum jam sampai posisi mati (off)

• MENGGANTI TABUNG GAS
1. Bila isi gas dalam tabung telah habis, akan ditandai dengan api yang tidak dapat menyala dari kompor, serta berat tabung gas menjadi ringan
2. Putar knop kompor searah jarum jam samapi posisi off
3. Lepaskan regulator dari tabung gas, dengan cara memutar kearah yang beralawan jarum jam sehingga posisi regulator dibawah
4. Gati tabung gas
5. Dan isi kembali sesuai cara yang benar

• MEMBELI ISI GAS
1. Pembelian isi gas dilakukan dengan menukar tabung yang telah habis gas dengan tabung gas yang isi tabungnya penuh di agen-agen penjual gas atau pengecer. Penukaran tabung tersebut hanya membayar isi gas nya saja.
2. Dilarang melakukan isi ulang sendiri karena akan terjadi resiko kebocoran gas dan bahaya kebakaran.
3. Sewaktu menerima tabung gas, pastikan tabung tersebut dalam kondisai baik dan tersegel. Bila tabung gas bocor atau segelnya rusak, tukarkan kepada penjualnya.
4. Timbang tabung tersebut, berat kotornya harus sama dengan berat tabung kosong + isi gas nya. Informasi berat tabung kosong dan isis gas tertera pada tabung yang bersangkutan.

• APABILA TERJADI KEBOCORAN GAS
1. Akan tercium bau khas gas yang menyengat.
2. Lepaskan regulator dan bawalah tabung keluar runagan dan letakjan di tempat terbuka.
3. Jangan nyalakan api
4. Jangan menghidupkan listrik
5. Bawalah tabung gas tersebut ke Pangkalan atau Agen Gas

• APABILA TERJADI KEBAKARAN
1. Jika memungkikan lepaskan segera regulator dari tabung gas
2. Bawalah tabung tersebut dan tabung cadangan lainnya ketempat yang jauh dari lokasi kebakaran.
3. Padamkan api dengan karung goni basah untuk menutup nyala api.
4. Atau padamkan api dengan pemadam api jenis CO2 atau dry chemical.

Refrensi : Buku Petunjuk Penggunaan Gas ELPIJI, PT PERTAMINA (Persero)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar